INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM)
TAHUNAN
Nama Kepala Madrasah |
: HISBULLOH HUDA, S.Pd, SD |
Nama Penilai |
: Khomarudin,
S.Pd.I, M.Pd.I |
N I P |
: - |
N I P |
: 196802032005011003 |
Nama Madrasah |
: MI. MIFTAHUL ULUM PATOMAN |
Jabatan Penilai |
: …................................................................... |
Alamat Madrasah |
: Jl. Muncar No. 39 Patoman Blimbingsari |
Tanggal Dilaksanakan Penilaian |
: …................................Tahun
ke-: 1 / 2 / 3 / 4 |
No |
Unsur Tugas Utama |
Indikator Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Hasil Kinerja |
Bukti Fisik |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
A. Usaha
Pengembangan Madrasah |
||||||||
1.1 |
Mengembangkan
madrasah sesuai dengan kebutuhan. |
1. Mampu menggembangkan
struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan program. |
Dokumen
struktur madrasah |
|
|
|
|
Melalui observasi dan
studi dokumen: (1) bagan/struktur organisasi; (2) notulen
rapat yang berisi keputusan
tentang penyusunan struktur organisasi; (3)dokumen sosialisasi; dan
(4) Daftar Hadir |
2. Mampu menempatkan
personalia yang
sesuai dengan kebutuhan |
Dokumen
uraian tugas personalia di madrasah |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen: (1) penetapan/pengesahan susunan organisasi madrsaha; (2) rincian tugas setiap personil pada struktur organisasi madrasah; (3) SOP Personalia; dan (4) Sertifikat DOKUMEN |
||
3. Mampu
mengembangkan
pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah |
Pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah |
|
|
|
|
Melalui obsevasi dokumen: SOP madrasah |
No |
Unsur Tugas Utama |
Indikator
Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Hasil Kinerja |
Bukti Fisik |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
1.2 |
Mengelola
perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang
efektif. |
1. Mampu mengembangkan
program baru untuk meningkatkan
pencapaian target yang lebih
tinggi. |
Program pengembangan
madrasah mengandung target pencapaian pada
indikator keunggulan
khas satuan pendidikan, kerja sama tim, dan
data realisasi target yang
meningkat daripada
pencapaian sebelumnya. |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
(1) visi dan Misi madrasah; (2) data prestasi madrasah; (3) data hasil UN 3 tahun terahir; (4) Data Alumni |
2. Mampu dan terampil dalam membangun tim
kerja yang
efektif untuk mendapatkan produk
kinerja yang
lebih unggul. |
Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan
deskripsi pembagian tugas |
|
|
|
|
Melalui observasi dan
studi dokumen: (1) bagan/struktur organisasi; (2) SK; (3) tugas dan fungsi;
(4) Terbentuknya KKG/MGMP; (5) Program
KKG/MGMP; dan (6) Laporan
kegiatan
KKG/MGMP DOKUMEN |
||
3. Mampu menerapkan berbagai teknik
pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaran. |
Terdapat penerapan
strategi pembaharuan dengan strategi yang terprogram |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen: (1) KTSP; (2) kalender pendidikan; (3) perangkat pembelajaran; (4) penilaian; DAN (5) peraturan akademik DOKUMEN |
||
4. Mampu mengembangkan
potensi dan
meningkatkan prestasi madrasah |
Dokumen bukti perkembanganpotensi dan
prestasi peserta didik, yang
meningkat dari waktu
ke waktu. |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen: (1) data prestasi madrasah 1tahun terahir; (2) data hasil UN 1 tahun terahir; (3) Dokumen Akreditasi; dan (4) Program Ekstrakurikuler DOKUMEN |
||
1.3 |
Mengelola
hubungan antara madrasah dan
masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan
pembiayaan. |
1. Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan
masyarakat |
Data kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan
masyarakat |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen: (1) SK komite madasah; (2)AD/ART komite madrasah; (3) program kerja komite madrasah; (4) laporan kegiatan komite madrasah; dan (5) dokumen tertulis kerja sama (MUO). DOKUMEN |
2. Melakukan
pendekatan-pendekatan dalam
rangka mendapatkan dukungan dari lembaga
pemerintah, swasta dan masyarakat |
Dokumen
pragram kerjasama dengan
pemerintah, swasta, dan
masyarakat |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen: (1) Program kegiatan kerjasama; (2) Foto kegiatan; (3) Jadwal Kegiatan; dan (4) Sk Penanggung Jawab program. DOKUMEN |
||
3. Memanfaatkan
dan memelihara hubungan
kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat |
Data hasil kerjasama dengan lembega
pemerintah, swasta, dan
masyarakat |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
Laporan kegiatan
kerja sama DOKUMEN |
No |
Unsur Tugas Utama |
Indikator
Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Hasil Kinerja |
Bukti Fisik |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
1.4 |
Mengelola
proses pencapaian 8 SNP sesuai
dengan arah
dan tujuan Pendidikan
nasional |
1. Mengaplikasikan
pengembangan kurikulum yang
mengacu kepada standar isi |
Dokumen
analisis 8 SNP dalam hal standar ini |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen: (1) KTSP; (2) kalender pendidikan; (3) perangkat pembelajaran; (4) penilaian; (5) peraturan akademik; dan (6) Buku Kerja Guru. |
2. Mengaplikasikan
pengembangan proses
pembelajaran yang mengacu
kepada standar proses |
Dokumen
analisis 8 SNP dalam hal standar
proses |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
(1) dokumen pengembangan silabus; (2) RPP; (2) RPE; (2) buku teks; (2) jurnal mengajar
guru; dan (2) data siswa. |
||
3. Mengaplikasikan
sistem penilaian pembelajaran
yang mengacu
kepada standar penilaian |
Dokumen
analisis 8 SNP dalam hal standar
penilaian |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
(1) instrumen
penilaian; (2) kisi-kisi soal; (3) kumpulan
nakah soal; (4) analisis butir soal; (5) dokumen analisis hasil belajar siswa; (6) laporan hasil belajar
siswa; (7) tindak lanjut hasil
penilaian; (8) dokumen
pelaksanaan PAS; dan
(9) dokumen pelaksanaan PAT. |
||
4. Melaksanakan penjaminan mutu
pencapaian
standar kompetensi lulusan |
Dokumen
analisis 8 SNP dalam hal standar
kompetensi lulusan |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
(1) dokumen program kegiatan kesiswaan; (2) laporan
kegiatan
kesiswaan;
(3) dokumentasi kegiatan
kesiswaan; (4) laporan
kegiatan
pembiasaan siswa; (5) dokumen
kegiatan
literasi; (6) data rata-rata hasil ujian 2
tahun terahir;
(7) data prestasi akademik 2 tahun
terahir; dan
(8) data prestasi non akademik 2 tahun terahir. |
||
1.5 |
Mengelola
unit layanan khusus madrasah dalam
mendukung kegiatan pembelajaran
dan kegiatan peserta didik di
madrasah. |
1. Mampu mengelola laboratorium madrasah agar dapat dimanfaatkan
secara optimal untuk
kepentingan pembelajaran peerta didik |
Adanya bukti pemanfaatan
laboratorium dalam
pembelajaran, jadwal, kegiatan,
dll (Kosongkan jika RA ) |
|
|
|
|
Observasi dan
studi dokumen: (1) luas memenuhi sesuai standar; (2) sarana
pendukung lab; (2) jurnal laboratorium; dan (2) Program
Pengembangan Sarpras. |
2. Mampu mengelola perpustakaan madrasah dalam menyiiapkan
sumber belajar yang
diperlukan
oleh peserta didik. |
Adanya bukti pemanfaatan
lperpustakaan dalam
pembelajaran, jadwal, kegiatan,
dll |
|
|
|
|
Observasi dan
studi dokumen: (1) luas memenuhi sesuai standar; (2) sarana
pendukung; (2) daftar
buku induk perpustakaan;
dan (2) laporan/statistic
pengelolaan perpustakaan. |
||
3. Mampu mengelola usaha madrasah untuk
pembelajaran pesera didik dan pemasukan tambahan dana bagi madrasah. |
Adanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam
pembelajaran. |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
data/laporan kegiatan
usaha madrasah |
||
4. Mampu mengelola koperasi madrasah baik
sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik. |
Adanya bukti pemanfaatan
koperasi dalam
pembelajaran, jadwal, kegiatan,
dll |
|
|
|
|
Observasi dan
studi dokumen: (1) instrumen
hasil praktek pembelajaran;
dan (2) foto kegiatan
praktik |
No |
Unsur Tugas Utama |
Indikator
Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Hasil Kinerja |
Bukti Fisik |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
1.6 |
Mengelola
sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. |
1. Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasah |
Adanya bukti pemanfaatan
teknologi indformasi
dan komunikasi dalam manajemen madrasah |
|
|
|
|
Observasi, studi dokumen dan wawancara: (1) fasilitas teknologi
dan informasi; dan (2) sumber
daya informasi |
2. Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai
sumber belajar maupun sebagai alat/media
pembelajaran. |
Adanya bukti pemanfaatan
teknologi indformasi
dan komunikasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaran |
|
|
|
|
Observasi lingkungan madrasah
dan wawancara: (1) ketersediaan
komputer; (2) jaringan
internet; (3)
website madrasah; (4) alamat
email madrasah; dan
(5) pemanfaatn TIK
untuk pembelajaran. |
||
3. Memanfaatkan
teknologi teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan
pihak lain. |
Adanya bukti pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin
kerjasama dengan pihak lain |
|
|
|
|
Observasi lingkungan madrasah,
wawancara dan
studi dokumen: (1) pengelolaan SIM; (2)
fasilitas SIM; (3)
surat tugas pengelola SIM; dan
(4) pelaporan data dan informasi. |
||
4. Memanfaatkan
teknologi teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang
telah dicapai. |
Adanya bukti pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program
madrasah dan prestasi yang dicapai |
|
|
|
|
Observasi lingkungan madrasah,
wawancara dan
studi dokumen: (1) pengelolaan SIM; (2)
fasilitas SIM; (3)
surat tugas pengelola SIM; dan
(4) pelaporan data dan informasi. |
||
1.7 |
Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi
peningkatan
pembelajaran dan manajemen madrasah |
1. Mampu mengembangkan
sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan
penerapan teknologi informasi dan komunikasi. |
Terdapat penerapan
TIK (berbasis komputer, CD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan
administrasi administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan, dan keuangan. |
|
|
|
|
Observasi lingkungan madrasah
dan wawancara: (1) jumlah
komputer dan LCD yang cukup; (2) memiliki jaringan internet; (3) memiliki
web sekolah; (4)
memiliki e-mail madrasah; dan
(5) Memanfaatkan
TIK untuk adminitrasi madrasah. |
2. Mengelola adminsistasi pembelajaran secara
efektif dengan dukungan penerapan teknologi
informasi dan
komunikasi. |
Model penerapan
TIK dalam pengelolaan
adminsitrasi kurikulum dan
pembelajaran,
misalnya, pengelolaan
kurikulum berbasis
komputer, intranet, dan internet. |
|
|
|
|
Observasi lingkungan
madrasah dan wawancara: (1) jumlah
kompute dan LCD yang
cukup; (2) memiliki jaringan internet; dan
(3) memanfaatkan
TIK untuk pembelajaran. |
||
3. Mampu mengembangkan sistem pengelolaan
perpustakaan
secara efektif dengan dukungan
penerapan teknologi informasi dan komunikasi. |
Model pemanfaatan
TIK dalam sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, intranet, atau internet. |
|
|
|
|
Observasi dan
studi dokumen: (1) katalog digital; (2) BSE; (3) akses internet; (4) komputer; dan
(5) dokumen aplikasi layanan
perpustakaan. |
No |
Unsur Tugas Utama |
Indikator
Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Hasil Kinerja |
Bukti Fisik |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
B. Pelaksanaan
Tugas Manajerial |
||||||||
2.1 |
Menyusun perencanaan
madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan. |
1. Mampu
mengembangkan
RKJM, RKT/RKAM dengan program lainnya berdasarkan data hasil evaluasi dalam pemenuhan
8 SNP |
Dokumen
RKJM, RKT/RKAM yang meliputi SNP |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
(1) Dokumen Evaluasi Diri Madrasah
EDM); dan (2) Dokumen RKJM dan
RKT berbasis EDM |
2. Mampu merumuskan
visi-misi sebagai arah pengembangan program RKJM, RKT/RKAS
dan program lainnya. |
Visi-misi madrasah merupakan
rumusan hasil keputusan bersama. |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
(1) visi,
misi yang telah ditetapkan oleh
Kamad; dan
(2) berita acara dan daftar
hadir kegiatan
perumusan/ peninjauan
kembali dan penetapan visi dan misi. |
||
3. Mampu menentukan
strategi pencapaian tujuan madrasah, dilengkapi
dengan indikator pencapaian yang
terukur |
Dokumen
program yang
memuat strategi
pencapaian tujuan madrasah |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
(1) program kerja; dan
(2) RKJM dan
RKTM |
||
4. Mampu menyusun program dengan rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program |
Dokumen
rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program. |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
RKJM dan RKTM |
||
2.2 |
Memimpin
madrasah dalam rangka
pendayagunaan
sumber
daya madrasah secara
optimal. |
1. Mampu memberi contoh
berdisiplin; hadir tepat
waktu, disiplin
menggunakan
waktu, dan tepat waktu mengakhiri pekerjaan. |
Dokumen
daftar hadir semua kegiatan madrasah |
|
|
|
|
Observasi, wawancara
dan studi dokumen: (1) finggerprint kehadiran kamad;
dan (2) daftar hadir pada kegiatan di
madrasah |
2. Mampu melaksanakan peraturan sesuai dengan
ketentuan yang berlaku |
Menjadi contoh dan mengarahkan
guru, staf administrasi, dan peserta didik melaksanakan
kegiatan sesuai dengan peraturan |
|
|
|
|
Wawancara dengan
warga madrasah |
||
3. Mampu menunjukkan
keteladanan dalam
memanfaatkan
sumber daya secara efektif dan
efisien. |
Memecahkan masalah madrasah secara bersama- sama, merencankan
pemanfaatan sumber belajar dan sumber informasi, memantau
penggunaan sumber daya, dan
menilai pemanfaatan
sumber
daya |
|
|
|
|
Wawancara dengan
warga madrasah |
||
4. Mampu menunjukkan kedisiplinan sebagai insan pembelajar. |
Rajin membaca dan
pendengar
yang baik, mengekspresikan
pikiran secara tertulis, mengkomunikasikan ilmu pengetahuan baru, dan menyediakan
berbagai media untuk mengembangkan gagasan warga madrasah |
|
|
|
|
Wawancara,
observasi: (1) koleksi buku refrefensi/ ilmu pengetahuan; dan
(2) karya tulis yang
diterbitkan
atau tidak |
No |
Unsur Tugas Utama |
Indikator
Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Hasil Kinerja |
Bukti Fisik |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
2.3 |
Menciptakan budaya dan
iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
peserta
didik. |
1. Mampu menjadi contoh dan
berbudaya mutu yang kompetitif dalam mendorong
peningkatan prestasi akademik dan nonakademik peserta
didik |
Dokumen
peningkatan
KKM, target hasil
ulangan,
hasil UN dan target keunggulan nonakademik peserta didik yang terprogram, terlaksana,
dan meningkat hasilnya |
|
|
|
|
Wawancara dan studi dokumen:
(1) peningkatan
KKM; (2) hasil UN; (3) program keunggulan dan
inovasi baik
akademik maupun non akademik; dan
(4) data prestasi
akademik dan
non akademik. |
2. Mampu melengkapi sarana dan
prasarana untuk menciptakan
suasana belajar kondusif dan inovatif bagi peserta didik |
Suasana
lingkungan madrasah yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan
peserta didik |
|
|
|
|
Observasi lingkungan madrasah:
suasana
lingkungan yang
asri, bersih, rindang, aman,
dan menyenangkan peserta didik |
||
3. Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan
budaya baca dan
budaya tulis
peserta didik. |
Data kunjungan perpustakaan,
peminjaman buku
oleh peserta didik, pembaharuan buku dan bahan bacaan, ketersediaan sumber belajar berbasis TIK, dan sarana publikasi karya tulis, dan mengembangkan
kompetisi karya tulis
peserta didik tingkat madrasah. |
|
|
|
|
Observasi, wawancara
dan studi dokumen: (1) rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan
literasi; (2)
dokumen kegiatan pengembangan
budaya baca; dan
(3) dokumen/ pajangan hasil karya
tulis siswa. |
||
4. Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan lomba
di bidang akademik dan
nonakademik bagi peserta didik |
Dokumen
penyelenggaran
kegiatan kompetisi
yang dimulai dari tingkat madrasah, perolehan
piagam penghargaan, piala, trofi perlombaan bidang akademik dan nonakademik. |
|
|
|
|
Observasi dan
studi dokumen: (1) dokumen penyelenggaran
kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat madrasah; dan
(2) daftar
perolehan piagam,
penghargaan, piala,
trofi perlombaan
disemua jenjang. |
||
2.4 |
Mengelola
guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal. |
1. Mampu menyusun perencanaan pengembangan
pendidik dan tenaga kependidikan |
Dokumen
program pembinaan pendidik dan
tenaga kependidikan di
madrasah |
|
|
|
|
Studi dokumen dan wawancara: program kerja kepala madrasah |
2. Mampu melakukan
pembinaan berkala untuk meningkatkan
mutu SDM madrasah |
Dokumen
pelaksanaan
kegiatan pembinaan
guru. |
|
|
|
|
Studi dokumen dan wawancara: (1) buku/catatan pembinaan guru dan tendik (notulen dan
daftar hadir
rapat pembinaan); dan (2) laporan
kinerja kepala madrasah. |
||
3. Memfasilitasi guru
dan staf administrasi untuk
meningkatkan kegiatan pembinaan kompetensi |
Data dukungan Kepala Madrasah dalam memfasilitasi staf administrasi untuk
meningkatkan mutu
profesi. |
|
|
|
|
Studi dokumen dan wawancara: (1) buku/catatan pembinaan guru dan tendik (notulen dan
daftar hadir
rapat pembinaan); dan (2) laporan
kinerja kepala madrasah. |
||
4. Memantau
dan menilai penerapan hasil pelatihan dalam pekerjaan
di madrasah |
Dokumen
program evaluasi pelatihan atau pengembangan profesi pendidik dan
tenaga kependidikan |
|
|
|
|
Observasi dan
studi dokumen: (1) program pelatihan pengembangan
profesi guru dan tendik; dan (2)
laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan
profesi guru dan tendik |
No |
Unsur Tugas Utama |
Indikator
Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Hasil Kinerja |
Bukti Fisik |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
2.5 |
Mengelola
sarana dan prasarana madrasah
dalam rangka pendayagunaan secara
optimal |
1. Mampu mengelola fasilitas prasarana, perabot dan sarana madrasah (gedung, bangunan, dan lahan meja, kursi, lemari, peralatan kantor, dan alat kebersihan) |
Data fasilitas prasarana, perabot, dan sarana marasah dikelola dengan baik |
|
|
|
|
Observasi dan
studi dokumen: (1) buku
inventaris; dan (2) buku pemeliharaan
sarana dan
prasarana. |
2. Mampu
mengelola perpustakaan madrasah |
Data perpustakaan
dikelola dengan baik (Kosongkan
jika
RA ) |
|
|
|
|
Observasi fisik dan studi dokumen:
(1) buku induk perpustakaan; dan
(2) buku/data/grafik
layanan perpustakaan. |
||
3. Mampu
mengelola laboratirium madrasah |
Data laboratorium dikelola dengan baik |
|
|
|
|
Observasi fisik dan studi dokumen:
(1) daftar infentaris laboratorium; dan
(2) buku/jurnal/ data/grafik
layanan baboratorium |
||
4. Mampu mengelola fasilitas penunjang madrasah lainnya (bengkel, toko,
koperasi, kebun, dsb) |
Data fasilitas penunjang terkola dengan baik |
|
|
|
|
Observasi fisik,wawancara
dan studi dokumen: data fasilitas penunjang
wirausaha yang dikelola
oleh madrasah |
||
2.6 |
Mengelola
peserta didik
dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan
dan pengembangan kapasitas peserta didik |
1. Menyusun perencanaan penerimaan, pengelolaan
dan pengembangan kompetensi peserta didik. |
Dokumen program penerimaan
peserta didik baru, kriteria penerimaan
peserta didik, data
hasil analisis bekal ajar peserta didik awal, |
|
|
|
|
Studi dokumen:
(1) dokumen program penerimaan peserta didik baru; (2) brosur; dan
(3) data hasil analisis kemampuan
peserta didik baru |
2. Memiliki program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik. |
Dokumen
program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik. |
|
|
|
|
Observasi dan
studi dokumen: program pengembangan diri peserta didik. |
||
3. Memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan
pembiasaan
melalui penanaman nilai-nilai. |
Data program kegiatan akademik dan nonakademik melalui penanaman nilai - nilai. |
|
|
|
|
Observasi lingkungan
aktivitas siswa, wawancara
dan studi dokumen:
(1) program kegiatan
akademik dan non
akademik dan
laporan pelaksanaannya; dan
(2) dokumentasi kegiatan. |
||
4. Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik, pendidik, dan
tenaga kependidikan lainnya secara optimal |
Data keterlaksanaan
program pengembangan diri
peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan |
|
|
|
|
Observasi lingkungan
aktivitas siswa dan
guru, wawancara dan studi dokumen:
(1) program kegiatan
pengembangan diri; (2) dokumentasi kegiatan; dan
(3) data prestasi siswa,
guru dan tendik. |
No |
Unsur Tugas Utama |
Indikator
Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Hasil Kinerja |
Bukti Fisik |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
2.7 |
Mengelola
pengembangan
kurikulum dan kegiatan pembelajaran
sesuai
dengan arah
dan tujuan pendidikan
nasional |
1. Mampu mengarahkan secara efektif dalam menerapkan
prinsip-prinsip pengengembangan KTSP dalam kegiatan IHT, Workshop, Rapat
Koordinasi, dan kegiatan MGMP/KKG. |
Dokumen
hasil pengembangan kurikulum yang disusun melalui rapat kerja, IHT, Workshop, Rakor, atau
kegiatan MGMP/KKG |
|
|
|
|
Studi dokumen:
(1) dokumen kurikulum yang
berlaku; (2) SK tim pengembang
kurikulum; dan (3) dokumen
penyusunan dokumen kurikulum (daftar
hadir, berita acara, notulen). |
2. Mampu mengendalikan pelaksanaan KTSP berlandaskan kalender pendidikan, menerbitkan
surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan
menerapkan aturan akademik. |
Pelaksanaan
kurikulum sesuai dengan kalender
pendidikan
tingkat madrasah, surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan aturan akademik. |
|
|
|
|
Studi dokumen:
(1) struktur kurikulum; (2) jadwal pelajaran; (3) daftar
hadir guru; dan
(4) peraturan akademik |
||
3. Memfasilitasi efektivitas tim kerja guru
dalam rangka meningkatkan mutu
pembelajaran. |
Bukti pelaksanaan kerja sama guru pada
tingkat satuan pendidikan, antar satuan pendidikan
dalam meningkatkan
mutu perencanaan, proses, pembelajaran |
|
|
|
|
Studi dokumen:
(1) program KKG/MGMP di madrasah; dan (2)
laporan pelaksanaan
KKG/MGMP. |
||
4. Mampu mengembangkan
pelayanan
belajar yang inovatif melalui pengembangan perangkat dan
sumber belajar yang
terbarukan. |
Bukti penggunaan
metode hasil pelatihan paling
akhir, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan alat peraga, teknik
evaluasi baru yang menghasilkan produk belajar
peserta didik yang dipublikasikan di
lingkungan madrasah atau
media lain |
|
|
|
|
Observasi kelas, studi dokumen wawancara
dengan siswa dan guru: menelaah ragam
metode, media dan
sumber belajar yang
digunakan dalam RPP |
||
5. Memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan
kolaborasi dan
kompetisi bidang akademik dan nonakademik |
Data kegiatan kolaborasi dan
kompetisi peserta didik tingkat madrasah, baik akademik dan
non
akademik. |
|
|
|
|
Wawancara dan studi dokumen:
(1) program, laporan dan
dokumen kegiatan kesiswaan
(kegiatan
akademik maupun non akademik); dan (2) data prestasi
akademik maupun nonakademik. |
||
2.8 |
Mengelola
keuangan madrasah sesuai dengan
prinsip pengelolaan yang
akuntabel, transparan, dan efisien |
1. Mampu merencanakan kebutuhan keuangan
madrasah sesuai dengan rencana pengembangan
madrasah, baik jangka pendek maupun
jangka panjang |
Dokumen
RKJM dan RKTM |
|
|
|
|
Studi dokumen:
(1) RKJM dan
RKTM; (2)
laporan keuangan; dan
(3) buku kas. |
2. Mampu mengupayaan sumber-sumber keuangan
terutama dari luar madrasah dan
dari unit usaha madrasah |
Dokumen
RKJM dan RKTM |
|
|
|
|
Studi dokumen RKJM dan
RKTM. |
||
3. Mampu mengkoordinasikan pembelajaran
keuangan sesuai dengan peraturan dan
perundang-undangan berdasarkan asas prioritas dan efisiensi. |
Dokumen
RKJM dan RKTM |
|
|
|
|
Studi dokumen RKJM dan
RKTM. |
||
4. Mampu membuat laporan dan
evaluasi pengelolaan keuangan madrasah sesuai dengan
prinsip efisien, tranparan, dan akuntabel. |
Dokumen
RKJM dan RKTM |
|
|
|
|
Studi dokumen:
(1) RKJM dan
RKTM; (2)
laporan keuangan; dan
(3) buku kas. |
No |
Unsur Tugas Utama |
Indikator
Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Hasil Kinerja |
Bukti Fisik |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
2.9 |
Mengelola
ketatausahaan madrasah dalam
mendukung pencapaian tujuan madrasah |
1. Mampu mengelola administrasi surat masuk dan
surat keluar sesuai dengan pedoman persuratan yang berlaku |
Adanya bukti dokumen
surat masuk dan keluar |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
surat masuk dan
keluar |
2. Mampu mengelola administrasi madrasah yang meliputi administrasi akademik, kesiswaan, sarana/prasarana, keuangan,
dan hubungan madrasah dengan masyarakat |
Adanya bukti dokumen
administrasi madrasah |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
administrasi madrasah (akademik, kesiswaan,
sarana/prasaran, keuangan, dan hubungan madrasah dengan masyarakat) |
||
3. Mampu mengelola administrasi kearsipan
madrasah baik arsip dinamis maupun arsip lainnya |
Adanya bukti dokumen
administrasi madrasah |
|
|
|
|
Melalui studi Dokumen: Administrasi madrasah |
||
4. Mampu mengelola administrasi akreditasi
madrasah sesuai dengan prinsip-prinsip
tersedianya dokumen
pendukung dan
bukti fisik |
Adanya bukti dokumen
administrasi madrasah |
|
|
|
|
Melalui studi Dokumen: Administrasi pemenuhan
8 SNP madrasah |
||
2.10 |
Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program
kegiatan madrasah dengan prosedur yang tepat, serta
merencanakan tindak lanjutnya. |
1. Menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat
diukur dan dinilai |
Dokumen
SKP yang
terukur |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
SKP yang terukur |
2. Melakukan
monitoring dan evaluasi kinerja
program pendidikan
dengan
menggunakan
teknik yang sesuai |
Dokumen
pelaksanaan
monitoring dan evaluasi
yang sesuai |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
pelaksanaan monitoring
dan evaluasi yang
sesuai |
||
3. Menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring dan
evaluasi |
Dokumen
laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
Laporan pelaksanaan monitoring
dan evaluasi |
||
|
|
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
laporan pelaksanaan monitoring
dan evaluasi |
||
4. Merumuskan
program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan
program sebelumnya |
Dokumen
program tindak lanjut berdasarkan hasil monitring dan
evaluasi |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
Program tindak lanjut berdasarkan hasil monitring dan
evaluasi |
C. Pengembangan Kewirausahaan |
||||||||
3.1 |
Menciptakan inovasi yang
bermanfaat dan
tepat bagi pengembangan
madrasah |
1. Memahami dan menghayati arti
dan tujuan perubahan (inovasi) madrasah |
Adanya bukti perubahan madrasah yang lebih baik dari tahun
ke tahun |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
program pengembangan kewirausahaan |
2. Menggunakan
metode, teknik dan proses perubahan madrasah |
Adanya bukti strategi dalam perubahan
madrasah yang
lebih baik |
|
|
|
|
Melalui obsevasi: (1) pemanfaatan
hasil inovasi dan kreatifitas; (2) membudayakan hasil inovasi dan kreatifitas; dan
(3) pengembangan
pembudayaan inovasi dan kreatifitas. |
||
3. Menumbuhkan
iklim yang mendorong kebebasan
berfikir untuk menciptakan
kreativitas dan inovasi |
Adanya bukti iklim yang
mendorong kebebasan
berpikir kreatif dan
inovatif |
|
|
|
|
Melalui observasi dan
studi dokumen: (1) data Jenis usaha produktif
yang dimiki; dan (2) program pengeloaan dan pendayagunaan hasil usaha. |
||
4. Mendorong
warga madrasah untuk melakukan prakarsa/keberanian
moral untuk melakukan hal
hal baru |
Adanya bukti warga madrasah yang
memiliki keberanian utuk melakukan
hal – hal baru |
|
|
|
|
Melalui observasi dan
studi dokumen: (1) data Jenis usaha produktif
yang dimiki; dan (2) program pengeloaan dan pendayagunaan hasil usaha. |
No |
Unsur Tugas Utama |
Indikator
Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Hasil Kinerja |
Bukti Fisik |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
3.2 |
Bekerja keras untuk
mencapai keberhasilan madrasah sebagai
organisasi pembelajaran yang efektif |
1. Mampu bertindak kratif dan inovatif dalam melaksanakan
pekerjaan
melalui cara berfikir
dan cara bertindak |
Adanya bukti kegiatan
yang kratif dan
inovatif
dalam melaksanakan
pekerjaan
melalui cara berfikir dan
cara bertindak |
|
|
|
|
Melalui observasi dan
studi dokumen: (1) RPP yang memuat rencana pembelajaran
untuk menumbuhkan keterampilan
berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif; (2) hasil kerja dan karya siswa; dan (3) foto foto aktifitas pembelajaran
siswa siswa. |
2. Mampu memberdayakan potensi madrasah secara optimal kedalam berbagai kegiatan- kegiatan produktif yang menguntungkan
madrasah |
Adanya bukti kegiatan pemberdayaanpotensi madrasah secara optimal kedalam berbagai
kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan
madrasah |
|
|
|
|
Melalui observasi, wawancara,
dan studi dokumen: (1) Rencana Pengembangan
Madrasah (RPM) ; (2)
dokumen penanganan permasalahan/ kasus; (3) dokumen
hasil kegiatan sekolah;
(4) dokumen hasil kegiatan; dan
(5) pengembangan madrasah. |
||
3. Mampu menumbuhkan
jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif dan
produktif) di kalangan warga
madrasah |
Adanya bukti kegiatan
yang membubuhkan
jiwa kewirausahaan
(kreatif, inovatif dan produktif) di
kalangan warga madrasah |
|
|
|
|
Melalui observasi, wawancara,
dan studi dokumen: (1) Rencana Pengembangan
Madrasah (RPM) ; (2)
dokumen penanganan permasalahan/ kasus; (3) dokumen
hasil kegiatan sekolah;
(4) dokumen hasil kegiatan; dan
(5) pengembangan madrasah. |
||
4. Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya |
Adanya bukti kegiatan
mencatat ide-ide baru,
kemudian mengembangkannya |
|
|
|
|
Melalui observasi, wawancara,
dan studi dokumen: Rencana Pengembangan Madrasah |
||
3.3 |
Memiliki motivasi yang
kuat untuk sukses dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin
madrasah |
1. Bersedia belajar dari orang lain |
Adanya bukti kemauan belajar dari orang lain |
|
|
|
|
Melalui observasi, wawancara,
dan studi dokumen: (1) forum komunikasi dengan lembaga
pendidikan lain dan orang tua siswa per tingkat kelas/kelas/ angkatan; dan (2) foto foto kegiatan. |
2. Ingin
selalu
melakukan
yang terbaik |
Adanya bukti keinginan selalu
elakukan yang
terbaik |
|
|
|
|
Melalui observasi, wawancara,
dan studi dokumen: (1) dokumen/foto Pelaksanaan kegiatan; (2) keikut
sertaan dalam lomba lomba
pembelajaran/ pendidikan maupun manajmen; dan
(3) prestasi dalam
lomba guru, tenaga kependidikan
dan kepala madrasah. |
||
3. Menciptakan perubahan yang
kuat |
Adanya bukti keinginan untuk melakkukan
perubahan yang kuat |
|
|
|
|
Melalui observasi, wawancara,
dan studi dokumen: (1) program inovasi madrasah
atau Rencana
Pengenbanagan
Madrasah (RPM); dan (2) laporan
target
yang sudah dicapai. |
||
3.4 |
Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang
dihadapi madrasah |
1. Mampu melibatkan
tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan
masalah kelembagaan |
Adanya bukti kegiatan
yang melibatkan
tokoh agama, masyarakat dan pemerintah
dalam memecahkan masalah kelembagaan |
|
|
|
|
Melalui observasi, wawancara,
dan studi dokumen: (1) MoU dengan pihak
lain; (2) sister
school; dan (3) kemitraan
dengan sekolah lain |
2. Mampu bersikap
obyektif/tidak
memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah |
Adanya bukti kagiatan yang
menunjukkan sikap
obyektif/tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah |
|
|
|
|
Dokumen
kegiatan
dan foto |
||
3. Mampu
bersikap
simpatik/tenggang
rasa terhadap orang lain |
Adanya bukti sikap simpatik/ tenggang rasa terhadap orang lain |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen kegiatan
dan foto |
No |
Unsur Tugas Utama |
Indikator
Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Hasil Kinerja |
Bukti Fisik |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
3.5 |
Memiliki naluri
kewirausahaan dalam
mengelola kegiatan produksi/jasa madrasah
sebagai sumber
pembelajaran peserta didik |
1. Mampu merencanakan kegiatan produksi /jasa sesuai dengan potensi madrasah |
Dokumen
perencanaan
kegiatan produksi sesuai
potensi madrasah |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
laporan yang
memuat pelaksanaan dan
hasil Program
Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan |
2. Mampu membina kegiatan produksi /jasa sesuai
dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang
rofessional dan
akuntabel |
Adanya dokumen
pembinaan kegiatan produksi /jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan
yang professional dan akuntabel |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
laporan memuat pelaksanaan dan hasil Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan |
||
3. Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi/jasa dan menyusun
laporan |
Adanya dokumen
pelaksanakan
pengawasan
kegiatan produksi/jasa dan menyusun
laporan |
|
|
|
|
Melalui wawancara
dan studi dokumen: (1) laporan hasil Evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan,
yang memuat hasil evaluasi; (2)
Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; dan
(3) Program Pengembangan Unit Produksi
Kewirausahaan. |
||
4. Mampu mengembangkan
kegiatan produksi/jasa
dan pemasarannya |
Adanya dokumen pengembangan kegiatan produksi/jasa dan pemasarannya |
|
|
|
|
Melalui wawancara
dan studi dokumen: (1) laporan Hasil Evaluasi Program
Pengembangan Kewirausahaan, yang
memuat hasil evaluasi; (2) Program
Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; dan (3)
Program Pengembangan Unit Produksi
Kewirausahaan. |
D.
Supervisi
Kepada Guru dan Tenaga
Kependidikan |
||||||||
4.1 |
Menyusun program supervisi akademik dalam
rangka peningkatan
profesionalisme guru |
1. Mengidentifikasi masalah yang guru hadapi
dalam pelaksanaan pembelajaran. |
Terdapat rumusan masalah yang
Kepala Madrasah peroleh dari pemantauan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
(1) program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran;
(2) jadwal pelaksanaan supervisi; dan (3) SK tim supervisor. |
2. Mampu merumuskan
tujuan yang dilengkapi dengan target pencapaian yang
terukur. |
Terdapat rumusan tujuan supervisi yang dilengkapi
dengan target pencapaian yang terukur. |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
(1) Program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran;
dan (2) jadwal
pelaksanaan supervisi. |
||
3. Mampu
mengembangkan
instrumen
supervisi. |
Instrumen yang digunakan relevan dengan target indikator pecapaian tujuan madrasah. |
|
|
|
|
Melalui studi dokumen:
instrumen supervisi pembelajaran |
No |
Unsur Tugas Utama |
Indikator
Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Hasil Kinerja |
Bukti Fisik |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
4.2 |
Melaksanakan
supervisi
akademik terhadap
guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat. |
1. Mengadakan pertemuan awal untuk menjaring data
rencana pembelajaran dan menetapkan fokus kegiatan supervisi. |
Terdapat data hasil pertemuan awal seperti; masalah, tujuan, fokus utama supervisi,
dan instrumen yang disepakati |
|
|
|
|
Melalui Wawancara
dan studi dokumen: program pengawasan pembelajaran/
supervisi pembelajaran |
2. Melaksanakan kegiatan pemantauan
pembelajaran dan membuat catatan
yang objektif
dan selektif sebagai bahan pemecahan
masalah supervisi. |
Dokumen hasil observasi pembelajaran, lengkap,
objektif dan
selektif serta relevan dengan masalah yang
menjadi fokus supervisi. |
|
|
|
|
Melalui Wawancara
dan studi dokumen: (1) instrumen supervisi pembelajaran; dan
(2) dokumen laporan
hasil supervisi pembelajaran. |
||
3. Melakukan
pertemuan refleksi, menganalisis
catatan hasil observasi, dan
menyimpulkan
hasil
observasi |
Dokumen
catatan pelaksanaan
kegiatan,
melaksanakan refleksi, himpunan data hasil superivisi, analisis data, penafsiran, penilaian
keunggulan dan
kelemahan, serta rekomendasi perbaikan. |
|
|
|
|
Melalui wawancara
dan studi dokumen: analisis hasil supervisi pembelajaran |
||
4. Bersama guru
menyusun rekomendasi tindaklanjut perbaikan
dalam bentuk kegiatan analisis butir soal, remedial, dan pengayaan. |
Data tindak lanjut pelaksanaan supervisi
penilaian, bukti analisis butir soal, kegiatan
remedial dan
pengayaan. |
|
|
|
|
Melalui wawancara
dan studi dokumen: (1) dokumen hasil analisis dan
tindak
lanjut supervisi pembelajaran; dan (2) program
kegiatan
workshop/diklat untuk guru. |
||
4.3 |
Menilai dan menindaklanjuti kegiatan
supervisi akademik dalam rangka peningkatan
profesionalisme guru. |
1. Memfasilitasi guru
dalam merencanakan
tindak lanjut perbaikan
sistem penilaian hasil belajar. |
Terdapat bukti tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar |
|
|
|
|
Melalui Wawancara
dan studi dokumen: program pengawasan pembelajaran/
supervisi pembelajaran |
2. Mengecek ulang keterlaksanaan rekomendasi oleh
guru |
dokumen rekomendasi perbaikan sistem penilaian hasil belajar secara berkala. |
|
|
|
|
Melalui Wawancara
dan studi dokumen: (1) instrumen supervisi pembelajaran; dan
(2) dokumen laporan
hasil supervisi pembelajaran. |
||
3. Melaksanakan pembinaan
dan pengembangan
guru
sebagai tindak lanjut kegiatan supervisi. |
Terdapat bukti, berupa laporan tindak lanjut hasil supervisi sebagai dasar pelaksanaan pembinaan guru. |
|
|
|
|
Melalui wawancara
dan studi dokumen: analisis hasil supervisi pembelajaran |
||
4. Menggunakan
data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian program sebagai dasar perbaikan
siklus berikutnya. |
Hasil supervisi keterlaksanaan
dan ketercapaian
program sebagai bahan penilaian kinerja dan pemetaan profil madrasah sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya. |
|
|
|
|
Melalui wawancara
dan studi dokumen: (1) dokumen hasil analisis dan
tindak
lanjut supervisi pembelajaran; dan (2) program
kegiatan
workshop/diklat untuk guru. |
0 comments:
Post a Comment